Kegunaan VLAN - BaniLinux
News Update
Loading...

Saturday, February 17, 2018

Kegunaan VLAN

A. Pendahuluan
    1. Pengertian
Setelah sebelumnya kita mensetting VLAN pada Mikrotik dan Cisco (Packet Tracer :v). Apasih VLAN itu?
    2. Latar Belakang
Menjelaskan apa itu VLAN
    3. Maksud dan Tujuan
VLAN
    4. Hasil Yang Diharapkan
Mengerti apa itu VLAN

B. Penjelasan
VLAN merupakan kepanjangan dari Virtual Lan, fitur ini banyak terdapat pada Router, MLS, atau beberapa perangkat Managable Switch. VLAN ini pada dasarnya merupakan LAN yang terdapat pada sebuah LAN Fisik. Misalnya pada Router, sebuah LAN Fisik dapat dibuat banyak VLAN didalamnya. sedangkan pada Switch, sebuah VLAN dapat diisi oleh beberapa LAN, karena terjadi perbedaan fungsi antara VLAN pada Switch maupun pada Router. Namun, pada MLS (Multi Layer Switch), VLAN dapat digunakan untuk menjadi sub interface dari sebuah interface LAN, atau bisa juga untuk membagi beberapa Port LAN menjadi sebuah network yang sama (seperti pada switch) karena seperti fungsi MLS sendiri yang dapat berfungsi sebagai Switch maupun Router.

Apakah kalian pernah membangun server menggunakan Proxmox? Jika pernah, kalian pasti tidak asing dengan yang namanya VLAN. VLAN yang ada pada router digunakan untuk menghubungkan tiap server virtual yang ada pada Proxmox. Jadi tiap server tersebut dapat berfungsi layaknya server pada umumnya yang terhubung ke sebuah jaringan dengan network yang berbeda.

Pada Managable Switch, VLAN dapat digunakan untuk mengontrol switch melalui virtual terminal seperti Telnet atau SSH. Tentu kalian tau bahwa Switch layer 2 tidak bisa diberi IP Addres pada masing masing ethernetnya kan? makanya kita bisa memanfaatkan VLAN supaya bisa mengontrolnya secara SSH maupun Telnet
F. Kesimpulan
VLAN sangat diperlukan sesuai situasi dan kondisi
G. Referensi
BLC Telkom Klaten

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done