Manajemen Proyek IT - BaniLinux
News Update
Loading...

Wednesday, January 3, 2018

Manajemen Proyek IT



1. Pengertian                                                                                                     
Manajemen Proyek IT (Internet Technology) Merupakan suatu sistem kerja yang berisi Perencanaan, Pengorganisasian, Pergerakan (Action), dan Pengendalian. Sebagai orang yang bekerja di bidang IT tentunya tidak lepas dari kerja sama antar anggota tim, entah itu dalam ProgrammingNetworking, bahkan hingga Hardware sekalipun

2. Latar Belakang
Konsep Manajemen Proyek ini dibentuk berdasarkan sistem kerja para Tenaga IT yang kadang tidak betah terhadap pekerjaan yang digelutinya. Meskipun masih dalam lingkup IT, tak jarang teman teman teknisi merasa kesulitan dengan kondisi dan sistem kerja di suatu perusahaan. Tak jarang rasa tidak betah tersebut muncul karena memiliki partner atau teman kerja yang dianggap kurang terampil dan tidak bisa bekerja sama (nah loh, malah nyalahin orang )

3. Maksud dan tujuan
Setelah teman-teman teknisi membaca tulisan saya diatas, pasti sudah memahami maksud dan tujuan yang saya maksud. Banyak dari teman-teman diluar sana tidak memiliki attitude yang cukup baik sehingga banyak mengeluh dalam menjalani profesinya. Sebenarnya hal tersebut dapat diatasi ketika teman-teman memiliki mental siap kerja. Karena di era sekarang memang mencari pekerjaan merupakan hal yang banyak diperebutkan. Nah intinya seorang teknisi IT tidak hanya dituntut untuk menguasai bidang yag digeluti, tetapi juga dituntut memiliki mental baja siap kerja. Secara logika, kita bekerja sesuai dengan tuntutan atasan. Tentu sebagai atasan selalu berorientasi pada hasil kerja. bukan semata prosesnya. Yang terpenting adalah hasil yang maksimal dengan biaya yang seminimal mungkin

4. Manajemen Proyek IT
Manajemen Proyek IT telah dirumuskan oleh George R. Terry, yaitu seperti yang disebutkan diatas, meliputi Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actualizing (Pergerakan), Controling (Pengendalian)

1. Planning (Perencanaan)
Setiap proses dalam pengerjaan proyek diperlukan Planning yang jelas, sehingga segala hal yang berhubungan dengan sistem kerja dapat terencana dan berjalan sebagaimana mestinya jika disertai planning yang jelas

2. Organizing (Pengorganisasian)
Nah jadi kita tidak asal kerja, melainkan harus memiliki struktur kerja yang jelas. Dari teman-teman sekalian mungkin ketika masih sekolah pernah mengikuti organisasi di sekolah masing-masing, hal tersebut akan sangat berguna dalam dunia kerja.

3, Actualizing (Pergerakan)
Pergerakan saat mengerjakan sebuah proyek ditentukan oleh sistem pengorganisasian yang tepat sehingga semua lapisan dapat bekerja sesuai apa yang menjadi bagiannya

4. Controlling (Pengendalian)
Setelah Proyek Selesai diperlukan adanya pengendalian dan pemantauan dari proyek yang telah selesai sehingga ketika terjadi suatu masalah dapat langsung diketahui lalu dapat secepatnya diatasi

5. Kesimpulan
Ternyata Manajemen Proyek dalam dunia IT menjadi hal yang penting. Para Pekerja IT bukan hanya dituntut supaya menguasai pekerjaan sebagaimana mestinya, Namun juga dapat bekerja sama dan dituntut memiliki attitude yang baik sehingga memiliki mental siap kerja

6. Penutup
Sekian postingan saya tentang Manajemen Proyek IT, Semoga bermanfaat untuk menjadi bahan pengamatan oleh teman teman tentang sudut pandang dalam pekerjaan di dunia IT

7. Referensi
Mbah Suro Dhemit (ebook : Konsepsi Manajemen Proyek di Bidang IT, BLC Telkom Klaten)


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done