1.
Pengertian
Manajemen Proyek IT (Internet Technology) Merupakan suatu sistem kerja yang berisi Perencanaan, Pengorganisasian, Pergerakan (Action), dan Pengendalian. Sebagai orang yang bekerja di bidang IT tentunya tidak lepas dari kerja sama antar anggota tim, entah itu dalam Programming, Networking, bahkan hingga Hardware sekalipun
Manajemen Proyek IT (Internet Technology) Merupakan suatu sistem kerja yang berisi Perencanaan, Pengorganisasian, Pergerakan (Action), dan Pengendalian. Sebagai orang yang bekerja di bidang IT tentunya tidak lepas dari kerja sama antar anggota tim, entah itu dalam Programming, Networking, bahkan hingga Hardware sekalipun
2.
Latar Belakang
Konsep
Manajemen Proyek ini dibentuk berdasarkan sistem kerja para Tenaga IT
yang kadang tidak betah terhadap pekerjaan yang digelutinya. Meskipun
masih dalam lingkup IT, tak jarang teman teman teknisi merasa
kesulitan dengan kondisi dan sistem kerja di suatu perusahaan. Tak
jarang rasa tidak betah tersebut muncul karena memiliki partner atau
teman kerja yang dianggap kurang terampil dan tidak bisa bekerja sama
(nah loh, malah nyalahin orang )
3.
Maksud dan tujuan
Setelah
teman-teman teknisi membaca tulisan saya diatas, pasti sudah memahami
maksud dan tujuan yang saya maksud. Banyak dari teman-teman diluar
sana tidak memiliki attitude yang cukup baik sehingga banyak mengeluh
dalam menjalani profesinya. Sebenarnya hal tersebut dapat diatasi
ketika teman-teman memiliki mental siap kerja. Karena di era sekarang
memang mencari pekerjaan merupakan hal yang banyak diperebutkan. Nah
intinya seorang teknisi IT tidak hanya dituntut untuk menguasai
bidang yag digeluti, tetapi juga dituntut memiliki mental baja siap
kerja. Secara logika, kita bekerja sesuai dengan tuntutan atasan.
Tentu sebagai atasan selalu berorientasi pada hasil kerja. bukan
semata prosesnya. Yang terpenting adalah hasil yang maksimal dengan
biaya yang seminimal mungkin
4.
Manajemen Proyek IT
Manajemen
Proyek IT telah dirumuskan oleh George R. Terry, yaitu seperti yang
disebutkan diatas, meliputi Planning (Perencanaan), Organizing
(Pengorganisasian), Actualizing (Pergerakan), Controling
(Pengendalian)
1.
Planning (Perencanaan)
Setiap
proses dalam pengerjaan proyek diperlukan Planning yang jelas,
sehingga segala hal yang berhubungan dengan sistem kerja dapat
terencana dan berjalan sebagaimana mestinya jika disertai planning
yang jelas
2.
Organizing (Pengorganisasian)
Nah
jadi kita tidak asal kerja, melainkan harus memiliki struktur kerja
yang jelas. Dari teman-teman sekalian mungkin ketika masih sekolah
pernah mengikuti organisasi di sekolah masing-masing, hal tersebut
akan sangat berguna dalam dunia kerja.
3,
Actualizing (Pergerakan)
Pergerakan
saat mengerjakan sebuah proyek ditentukan oleh sistem
pengorganisasian yang tepat sehingga semua lapisan dapat bekerja
sesuai apa yang menjadi bagiannya
4.
Controlling (Pengendalian)
Setelah
Proyek Selesai diperlukan adanya pengendalian dan pemantauan dari
proyek yang telah selesai sehingga ketika terjadi suatu masalah dapat
langsung diketahui lalu dapat secepatnya diatasi
5.
Kesimpulan
Ternyata
Manajemen Proyek dalam dunia IT menjadi hal yang penting. Para
Pekerja IT bukan hanya dituntut supaya menguasai pekerjaan
sebagaimana mestinya, Namun juga dapat bekerja sama dan dituntut
memiliki attitude yang baik sehingga memiliki mental siap kerja
6.
Penutup
Sekian
postingan saya tentang Manajemen Proyek IT, Semoga bermanfaat untuk
menjadi bahan pengamatan oleh teman teman tentang sudut pandang dalam
pekerjaan di dunia IT
7.
Referensi
Mbah
Suro Dhemit (ebook : Konsepsi Manajemen Proyek di Bidang IT, BLC
Telkom Klaten)