Apa itu Server? - BaniLinux
News Update
Loading...

Sunday, January 21, 2018

Apa itu Server?

A. Pendahuluan
  1. Pengertian
Server pada umumnya merupakan sebuah komputer yang menyediakan layanan tertentu dalam sebuah jaringan. Server pada umumnya merupakan sebuah komputer yang dibuat dengan tujuan melayani komputer client baik dalam hal sharing data maupun dalam tujuan yang lain dalam sebuah jaringan.

  2. Latar Belakang
Latar belakang adanya server tidak bisa lepas dari awal mula konsep jaringan itu sendiri. karena komputer server bertujuan untuk melayani client di sebuah jaringan. hal tersebut ditujukan untuk efisiensi hardware jaringan. Dimana daripada menggunakan banyak perangkat yang terhubung di tiap-tiap client --misalnya printer, akan lebih efisien ketik menggunakan satu perangkat yang dapat digunakan oleh semua client secara bersama-sama. berangkat dari ide itulah tercipta suatu konsep jaringan komputer yang salah satu devicesnya digunakan sebagai server untuk melayani client

  3. Maksud dan Tujuan
Dibangunnya sebuah server didalam sebuah  jaringan dikhususkan untuk melayani setiap client dalam jaringan tersebut. Hal ini terutama akan lebih menghemat bandwith internet karena untuk mengakses server lokal akan lebih mudah meskipun tidak terhubung ke internet.

  4. Hasil yang Diharapkan
Dapat memahami definisi server

Penjelasan
Seiring berjalannya waktu, kebutuhan akan server makin tinggi, server pada umumnya merupakan komputer dengan spesifikasi tinggi, dengan prosesor yang memiliki clockspeed cepat dan dengan ram yang besar. namun komputer yang digunakan sehari-hari pun dapat digunakan untuk komputer server, namun hal ini tentu akan memengaruhi kinerja server nantinya. karena semakin banyak komputer yang mengakses server tentunya akan memperlambat jaringan yang digunakan. karena dalam pemanfaatannya komputer server bekerja didalam jaringan, maka sistem operasi yang digunakan didalamnya pun berbeda. sistem operasi ini disebut sistem operasi jaringan.

Sistem Operasi yang banyak digunakan untuk server umumnya adalah keluarga UNIX seperti Linux atau FreeBSD. Kenapa tidak menggunakan Windows? bisa saja menggunakan Windows Server, Namun keluarga Unix memiliki pilihan untuk menginstall sistem operasi secara Command Line yang atinya hanya menggunakan terminal saja atau shell. karena hal ini akan lebih meringankan penggunaan memory pada komputer server sehingga bisa lebih dikhususkan untuk melayani user.


Keluarga UNIX yang banyak digunakan sebagai server antara lain :
Debian
FreeBSD
Ubuntu Server
Windows Server dan masih banyak lagi


Sistem operasi tersebut pada umumnya asing untuk kita gunakan sehari-hari karena memang digunakan untuk komputer server

F. Kesimpulan
Di Indonesia, keluarga UNIX lebih diminati untuk membangun server, meskipun untuk penggunaan sehari-hari windows lebih familiar, namun ternyata keluarga UNIX ini dapat juga digunakan untuk penggunaan sehari-hari, penggunaan keluarga UNIX untuk komputer server diklaim lebih efisien dan lebih aman terhadap serangan virus, karena keluarga UNIX, terutama Linux memiliki sifat open source yang dapat dikembangkan sesuka hati.

G. Referensi
Wikipedia

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done