VPN (Virtual Private Network) - BaniLinux
News Update
Loading...

Monday, January 22, 2018

VPN (Virtual Private Network)

Pendahuluan
  1. Pengertian
Virtual Private Network merupakan suatu akses jaringan yang bersifat private (mandiri) dengan memanfaatkan jaringan yang sudah ada. VPN merupakan suatu akses virtual menuju ke sebuah jaringan atau server tertentu melalui jaringan lain yang terhubung ke server yang sama.

  2. Latar Belakang
Disaat kamu membuat server, dan kamu ingin supaya jaringan kamu dapat dikendalikan (di remote) secara wireless, namun channel wifi yang ada sudah penuh, sehingga jika memaksakan membuat jaringa baru dikhawatirkan akan mengganggu atau terganggu jaringan yang sudah ada, maka apa yang kamu lakukan? kamu bisa membuat jaringan sendiri secara privat dengan menumpang koneksi wireless yang sudah ada. kamu dapat menghubungkan router kamu sehingga dapat terhubung dengan router yang akan kamu tumpangi koneksinya. dapat kita asumsikan seperti sebuah pipa, jaringan VPN ini tidak terlihat, jadi secara teori lebih aman dibandingkan jaringan fisik yang dapat diakses semua orang seperti Wi-Fi, karena untuk terhubung ke VPN kamu harus memiliki akses VPN Client di Perangkatmu.

  3. Maksud dan Tujuan
VPN digunakan untuk mengatasi masalah keamanan server. Server yang terhubung melalui jaringan VPN kebanyakan merupakan server yang bukan ditujukan untuk umum. Namun tak jarang dalam kondisi darurat, misalnya tiba-tiba routermu mati, kamu bisa memanfaatkan VPN untuk menghidupkan kembali routermu atau bahkan untuk meremote servermu.

Keuntungan Menggunakan VPN

-Kerahasiaan

Dengan digunakannnya jaringan publik yang rawan pencurian data, maka teknologi VPN menggunakan sistem kerja dengan cara mengenkripsi semua data yang lewat melauinya. Dengan adanya teknologi enkripsi tersebut, maka kerahasiaan data dapat lebih terjaga. Walaupun ada pihak yang dapat menyadap data yang melewati internet bahkan jalur VPN itu sendiri, namun belum tentu dapat membaca data tersebut, karena data tersebut telah teracak. Dengan menerapkan sistem enkripsi ini, tidak ada satupun orang yang dapat mengakses dan membaca isi jaringan data dengan mudah.

- Data Intergrity

Ketika melewati jaringan internet, sebenarnya data telah berjalan sangat jauh melintasi berbagai negara. Pada saat perjalanan tersebut, berbagai gangguan dapat terjadi terhadap isinya, baik hilang, rusak, ataupun dimanipulasi oleh orang yang tidak seharusnya. Pada VPN terdapat teknologi yang dapat menjaga keutuhan data mulai dari data dikirim hingga data sampai di tempat tujuan.

- Autentikasi Sumber

VPN memiliki kemampuan untuk melakukan autentikasi terhadap sumber-sumber pengirim data yang akan diterimanya. VPN akan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk dan mengambil informasi dari sumber datanya. Kemudian, alamat sumber data tersebut akan disetujui apabila proses autentikasinya berhasil. Dengan begitu, VPN menjamin semua data yang dikirim dan diterima berasal dari sumber yang seharusnya. Tidak ada data yang dipalsukan atau dikirim oleh pihak-pihak lain.

Manfaat VPN :

Remote Access : Maksudnya dengan menggunakan VPN kita bisa mengakses komputer ataupun jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet atau publik.

Keamanan : dengan menggunakan koneksi VPN kita bisa browsing, searching dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik misalnya seperti hotspot atau internet yang ada di cafe-cafe.

Dapat menghemat biaya setup jaringan : VPN juga dapat dipakai sebagai cara alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Karena transmisi data yang digunakan pada VPN memakai media jaringan internet atau jaringan publik yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membangun jaringan sendiri.

Kesimpulan
Jaringan VPN adalah sebuah jaringan yang bersifat private, maka dari itu data-data yang masuk ataupun keluar melalui jaringan VPN telah melalui proses autentikasi yang menyebabkan data tersebut menjadi aman. Selain itu VPN juga dapat menyediakan fitur lain yang tidak disediakan jaringan umum, diantaranya keamanan, akses tertentu, serta penekanan biaya setup jaringan. Pada zaman ini ada juga yang menyalah gunakan VPN, diantaranya untuk mengakses situs yang diblokir pemerintah karena alasan tertentu, serta beberapa dari kita pasti pernah mendengar internet gratis dengan memanfaatkan server VPN dan SSH yang banyak disediakan oleh situs-situs tertentu. Maka dari itu gunakanlah internet secara bijak sehingga bisa memberi manfaat.

Referensi
-wikipedia

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done