Cara Menghubungkan Router ke Internet di Interface Ethernet 1 Secara Dinamic - BaniLinux
News Update
Loading...

Sunday, January 7, 2018

Cara Menghubungkan Router ke Internet di Interface Ethernet 1 Secara Dinamic

A. Pendahuluan
        1. Pengertian
Jika sebelumnya saya sudah mengkonfigurasi router di winbox secara statik, kali ini saya akan menghubungkan router yang saya pakai ke internet menggunakan interfaces di ether1 secara dinamik (DHCP)
baca juga :
http://bani-linux.blogspot.co.id/2017/12/cara-konfigurasi-router-mikrotik.html

http://bani-linux.blogspot.co.id/2018/01/cara-menghubungkan-router-ke-internet.html

       2. Latar Belakang
  Kelebihan setting router secara dinamik adalah kita bisa langsung menghubungkannya ke komputer lain tanpa perlu mensettingnya

        3. Maksud dan tujuan
Dapat menghubungkan router ke komputer dengan mudah

        4. Hasil yang diharapkan
Dari artikel ini saya berharap dapat melakukan konfigurasi dasar dari router dan menghubungkan ke komputer secara dinamik

B Alat dan Bahan
Untuk mencoba konfigurasi ini, siapkan :
-Router, saya menggunakan Mikrotik RB951ui
-PC/Laptop dengan interface ethernet RJ-45 (2 buah)
-Kabel UTP Cross/Straight terserah
-Switch (karena sumber internet saya dihubungkan melalui switch) boleh diganti sesuai darimana internet kamu berasal
-Winbox download disini (untuk linux pakai WINE untuk menjalankan winbox)
-Mengetahui konsep Subnetting dan OSI Layer (jika terjadi Trouble)

C. Jangka Waktu Pengerjaan
Dapat dikerjakan kurang dari 10 menit

D. Tahap Pelaksanaan
-Pahami Topologi yang saya gunakan di tutorial saya ;

Jadi Switch yang saya gunakan langsung mengarah ke router yang langsung terhubung ke ISP. Lalu dibagikan lagi oleh Switch, dan saya hubungkan ke router yang saya pakai, lalu router tersebut saya hubungkan ke interface di laptop
- Pertama hubungkan dulu router ke PC, Caranya baca :
http://bani-linux.blogspot.co.id/2017/12/cara-konfigurasi-router-mikrotik.html

-Lalu Konfigurasi Router supaya dapat terhubung ke internet secara statik, caranya? ada di postingan saya sebelumnya :
http://bani-linux.blogspot.co.id/2018/01/cara-menghubungkan-router-ke-internet.html

-Nah, jika sudah terhubung ke internet, maka langkah selanjutnya adalah mensetting DHCP Server, apa itu DHCP Server?
http://bani-linux.blogspot.co.id/2017/12/pengertian-dhcp-dynamic-host.html

-langsung saja ke setting DHCP Servernya, disini langsung saja melalui winbox masuk ke IP > DHCP Server > lalu klik (+), isikan interfaces yang akan mendapatkan IP secara Dinamik menggunakan protocol DHCP > lalu klik Next sampai sukses :D


-Nah, jika sudah seperti ini, artinya kamu sudah berhasil mensetting IP secara Dinamik. Namun  sebelumnya pastikan kamu sudah mensetting IP dulu di interface tersebut.
Nah, sekarang, coba ping 8.8.8.8 atau google.com, jika sukses, artinya kamu sudah berhasil

E. Masalah yang dihadapi
Nah jika terjadi masalah misalnya tidak bisa terhubung ke internet, coba cek OSI Layer dari mulai
Physical
Data Link
Network
Transport
Session
Presentation
Aplication

F. Kesimpulan
Setting Mikrotik yang kita lakukan merupakan permulaan dari penggunaan mikrotik supaya bisa lanjut ke tahap advance (lanjutan). Mensetting IP secara DHCP akan mempermudah kamu untuk menghubungkannya ke komputer lain karena langsung akan mendapatkan IP.

G. Penutup
Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat


F. Referensi
BLC Telkom Klaten

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done