Apa Itu Komputer? - BaniLinux
News Update
Loading...

Friday, December 22, 2017

Apa Itu Komputer?

A. Pendahuluan
                                                     1. Pengertian
Komputer merupakan suatu mesin yang terdiri dari hardware dan software yang dapat memudahkan user atau brainware untuk berkomunikasi dengan hardware. Sedangkan Jaringan Komputer merupakan kumpulann komputer yang saling terhubung sehingga memungkinkan terjdinya proses pertukaran data.
2. Latar Belakang
Pada masa sekarang banyak dari teman teman sekalian yang ingin mempelajari jaringan komputer namun melupakan hal paling dasar dari komputer itu sendiri.
  3. Maksud dan Tujuan
Diharapkan kita dapat mengenal komputer secara lebih definitif dan tidak hanya terpaku terhadap bagaimana komputer terhubung dan berkomunikasi dengan komputer lainnya (Jaringan Komputer)
  4. Hasil yang Diharapkan
Dapat memahami komputer secara definisi dan dapat menjelaskan komputer sesuai kesimpulan yang tepat

Manfaat dari Jaringan Komputer adalah sebagai berikut :
  • Dengan jaringan komputer, kita bisa mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah diseberluaskan melalui suatu jaringan, semisal Jaringan Internet
  • Melalui jaringan komputer, kita bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.
  • Jaringan komputer membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah.
  • Selain itu, pengguna juga dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time dengan bantuan jaringan komputer.
  • Kita dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah melalui internet dikarenakan internet merupakan salah satu contoh jaringan komputer.
  • Misalkan dalam suatu kantor memerlukan Printer, kita tidak perlu membeli printer sejumlah dengan komputer yang terdapat pada kantor tersebut. Kita cukup membeli satu printer saja untuk digunakan oleh semua karyawan kantor tersebut dengan bantuan jaringan komputer.
E. Masalah yang dihadapi
Pada dasarnya Komputer dan Jaringan Komputer memiliki banyak fungsi dan jenis sehingga selalu bertambah tiap tiap zaman sesuai perkembangannya, dan meninggalkan beberapa komputer yang sudah tidak sesuai dengan tuntutan zaman.
 Beberapa komputer yang masih sering ditemui di zaman sekarang :

PC (Personal Computer, Merupakan Komputer yang paling mudah untuk melakukan upgrade hardware untuk meningkatkan performanya. Komputer ini memiliki komponen terpisah yang dapat dicopot dan diubah untuk meningkatkan performanya.

Laptop, Merupakan versi portable dari PC, kebanyakan desainnya menggunakan bentuk yang ringkas dan bisa dilipat, serta dilengkapi baterai supaya bisa digunakan tanpa listrik. Komputer yang mirip dengan Laptop adalah Notebook dan Netbook yang memiliki desain lebih kecil dan ringkas, tentunya dengan pembatasan fitur tertentu

PC All-in-One, Merupakan Komputer yang terbilang cukup unik, karena semua komponen utama menyatu pada bagian belakang monitor. Pada penggunaannya diperlukan sebuah sumber listrik karena tidak memiliki baterai. Komputer tipe ini cukup sulit untuk melakukan upgrade hardware

PC Tablet, Merupakan gabungan dari Laptop dan PC All-in-One yaitu Komputer portable yang semua bagiannya terhubung di satu bagian, dan juga dilengkapi baterai serta menggunakan layar sentuh sebagai pengganti mouse atau touchpad dan keyboard. saat ini banyak vendor yang mengkombinasikan PC Tablet dengan Laptop dengan monitor yang bisa dilepas sehingga menambah variasi tipe komputer


F. Kesimpulan
Perangkat Komputer yang ada saat ini merupakan pengembangan dari model komputer lama yang dituntut untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Tidak menutup kemungkinan akan terjadi revolusi dalam dunia teknologi yang menyebabkan komputer semakin canggih dan semakin modern. karena pada dasarnya komputer dan teknologi merupakan sesuatu yang dinamis yang selalu muncul hal baru

G. Referensi
nessabamedia.com
dunovteck.wordpress.com

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done