Transmission Control Protocol vs User Datagram Protocol - BaniLinux
News Update
Loading...

Friday, January 5, 2018

Transmission Control Protocol vs User Datagram Protocol


A. Pendahuluan
        1. Pengertian
Dalam Sebuah OSI Layer terdapat beberapa protocol yang bertugas untuk menghubungkan banyak host dalam sebuah jaringan. Adanya protocol jaringan memudahkan antar perangkat untuk membangun sebuah jaringan dengan protocol yang sudah ditetapkan oleh standar ISO.
Salah satu protocol yang terdapat dalam OSI Layer adalah TCP dan UDP.

        2. Latar Belakang
TCP (Transmission Control Protocol) merupakan sebuah protocol yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). Dalam melakukan tugasnya tersebut, TCP sering dipaketkan dengan IP (Internet Protocol) biasanya disebut TCP/IP

UDP (User Datagram Protocol) Merupakan sebuah Protocol yang mendukung proses komunikasi yang tidak disertai pemberitahuan terhadap pesan yang tersebut


TCP dan UDP bekerja di layer yang sama, yaitu Layer Transport. Hal ini karena TCP dan UDP Bertaggung jawab terhadap proses pengiriman data.

Apa Perbedaan TCP dan UDP?
Cara mudahnya, protokol TCP dapat disebut sebagai protokol yang sopan, dan UDP dapat pula disebut protokol yang tidak sopan. Kenapa demikian?
ketika protokol TCP masuk kedalam sebuah jaringan, TCP merupakan protokol yang dapat berhenti sewaktu-waktu. sedangkan protokol UDP selalu membroadcast sebuah paket. biasanya protokol UDP digunakan untuk DNS (Domain Name System), Virus, Malware, dan lain-lain. hal ini karena protokol tersebut dapat selalu membroadcast. Dalam pengguaan DNS menggunakan UDP karena DNS akan digunakan terus menerus. Salah satunya adalah gambar pada awal artikel ini.

        3. Maksud dan tujuan
Mempelajari pengertian TCP dan UDP

       4. Hasil yang diharapkan
Dapat memahami TCP dan UDP


E. Masalah yang dihadapi
Dalam prakteknya, ketika mempraktekkan pengimplementasian DNS, maka bandwith internnet yang digunakan akan terasa berat. hal ini karena protocol UDP yang digunakan tadi.
F. Kesimpulan
Nah, intinya, pada penerapannya protokol TCP dan UDP memiliki fungsi yang hampir sama. Karena sama-sama bekerja di layer transport, yaitu di layer 4. Tetapi TCP dan UDP tetap memiliki kegunaan yang berbeda

G. Penutup
Sekian artikel saya, semoga bermanfaat.

F. Referensi
Wikipedia

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done