Alasan Memilih Linux sebagai sistem operasi komputermu - BaniLinux
News Update
Loading...

Saturday, March 25, 2017

Alasan Memilih Linux sebagai sistem operasi komputermu

Siapa sih yang tidak kenal windows? paling tidak kamu pernah memakai OS (Operating System) buatan Microsoft ini baik dirumah sebagai keseharian kamu, di komputer sekolah, kantor tempatmu bekerja hingga warnet pun banyak yang memakai windows untuk melakukan berbagai aktivitas seperti browsing, main game, mengetik, bahkan hingga menonton film dapat dilakukan melalui windows. Nah, dalam postingan kali ini saya akan memperkenalkan sistem baru yang dapat diinstall di komputer kamu.

Linux adalah sebuah sistem operasi open source yang disebarkan secara gratis. Berbeda dengan Windows yang bersifat closed source, open source berarti siapapun dapat mengubah dan memodifikasi kode sumber Linux dan menyebarkannya secara legal dan gratis sebagai sistem operasi baru. oleh karena itu banyak yang mengembangkan Linux dan menciptakan OS baru dari Linux. saat ini yang terkenal adalah sistem operasi mobile buatan Google bernama Android. ada juga untuk komputer/laptop seperti : Debian, Ubuntu, Arch Linux, RedHat dan masih banyak lagi.

Cukup sekian perkenalannya, dibawah ini adalah alasan supaya menggunakan Linux di komputermu

1. Linux disebarkan secara gratis sampai kapanpun

Mungkin selama ini yang kamu tau saat membeli Laptop kamu tinggal memakai tanpa tau Windows yang terinstal asli atau bajakan. Meskipun di Indonesia belum ada tindakan tegas terhadap pemakai OS bajakan (mungkin penegak hukumnya juga pakai bajakan :v) tetap saja semua yang ilegal itu tidak baik. beruntunglah kamu yang disertakan DVD Windows asli saat membeli Laptop beserta nomor seri yang legal dan dapat digunakan sewaktu Laptop kamu butuh install ulang. hal yang sama tidak akan terjadi di Linux. Kamu bahkan bisa mengunjungi Website resmi untuk mendownload Linux dan menginstalnya di Laptopmu

2. Aplikasi didalamnya semua gratis

Tidak hanya OS nya saja, aplikasinya pun gratis. jika kamu menggunakan Windows beberapa aplikasi seperti Photoshop, Microsoft Office, hingga antiviruspun ada yang berbayar.

3. Bebas virus

Jika di Windows kamu harus menginstall antivirus sebagai proteksi, kamu tidak perlu melakukan hal tersebut di Linux. bahkan jika kamu melakukan dualboot Linux dan Windows, ketika Windowsmu terkena virus, maka tidak akan berpengaruh ketika kamu menjalankan Linux. Bahkan Malware pun jarang ditemukan menginfeksi Linux. Kecuali di Android, karena saat ini banyak yang menggunakan Android, namun malware di Android juga tidak berpengaruh di Linux Desktop meskipun Android bersumber dari Linux

4. Bisa dijalankan tanpa diinstall

Fitur ini bernama Live CD yang terdapat di hampir semua Linux. Ketika kamu membuat Bootable melalui flashdisk atau DVD kamu dapat mencoba Linux dengan menggunakan fitur ini. Tentu saja setelah kamu melakukan reboot data seperti aplikasi yang kamu install di Linux akan hilang

5. Mendukung banyak hardware

Jika saat pertama kali kamu menginstall Windows, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menginstall driver supaya kamu dapat menggunakan beberapa fitur seperti wifi, webcam, dan bahkan untuk fitur sleep kamu harus menginstall driver grafis. Di Linux, setelah meginstallnya kamu langsung bisa menggunakan semua hardware. Ketika kamu memasukkan flashdisk baru ke Linux juga tidak perlu menginstall drivernya.

6. Mudah dalam pencarian aplikasi

Point ini tidak berlaku untuk Windows 8 keatas. ketika di Windows 7, kamu harus membuka browser, dan mencari aplikasi yang kamu inginkan lalu menginstallnya dengan melakukan double-click. di beberapa Linux sedah tertanam Software Manager seperti Windows Store pada Windows 8 keatas. di Linux Ubuntu dan Linux Mint serta turunannya, Software Manager telah tertanam sejak kamu menginstallnya. Bahkan bagi pengguna Linux yang lain, Software Manager milik Ubuntu bisa diinstall di semua Linux. Selain itu kamu bisa menggunakan Terminal (mirip seperti CMD di Windows) dengan mengetikkan "sudo apt-get install nama-aplikasi" jika di Linux turunan Debian misalnya.

7. Dukungan software

Di Linux semua paket aplikasi dapat diinstall. misalnya, Ubuntu secara default menggunakan paket .deb bisa menginstall paket .rpm milik RedHat bahkan paket .exe milik Windows tentunya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

8. Tidak perlu browser pihak ketiga

Point ini bersifat opsional, kebanyakan pengguna Windows menggunakan Google Chrome ataupun Mozila Firefox dan menelantarkan Internet Exploler sebagai browser default. Di Linux hal tersebut tidak diperlukan karena Firefox adalah browser bawaan di sebagian besar Linux. Namun ada banyak pilihan browser bagi kamu yang ingin menggunakan dua browser seperti Google Chrome, Opera, QupZilla dan masih banyak lagi

nah itulah beberapa hal tentang Linux yang bisa saya bagikan. Bagi kamu yang tertarik, disini saya sediakan web resmi beberapa OS berbasis Linux yang bisa kamu coba :

Linux buatan Indonesia:
1. BlankOn Linux
2. DracOs Linux
3. Garuda OS

Linux Lainnya :
1. Kali Linux
2. Ubuntu
3. Linux Mint
4. Debian

saya sendiri menyarankan untuk pemula menggunakan ubuntu, linuxmint atau BlankOn karena menurut saya tampilannya cukup familiar.

nah sekian postingan kali ini, jangan lupa berkomentar tentang Linux favoritmu semoga bermanfaat


Share with your friends

1 comment

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done