Training MikroTik MTCNA : Day 2 - BaniLinux
News Update
Loading...

Sunday, April 1, 2018

Training MikroTik MTCNA : Day 2

A. Pendahuluan
Pada hari kedua ini masih membahas tentang MTCNA. Terutama tentang wireless, firewall, dan lain-lain.
1. Pengertian
-Pengertian Firewall
dalam bahasa indonesia artinya 'dinding api'. fungsi firewall ini sendiri untuk mengatasi masalah keamanan yang terjadi di mikrotik, namun tentu saja ada banyak fitur lain yang ada di dalam mikrotik ini.
-Wireless
Wireless jika diartikan artinya tanpa kabel. hal tersebut karena teknologi wireless ini tidak menggunakan media kabel sebagai perantara transmisinya. melainkan menggunakan gelombang radio. untuk teknologi wireless yang boleh digunakan secara bebas sendiri juga ada aturannya, yaitu antara channel 2,4GHz, dan 5GHz.

2. Latar Belakang
Firewall selalu diterapkan dalam jaringan yang langsung mendapat IP Publik. untuk mencegah segala packet yang tidak diinginkan atau packet yang tidak diizinkan maka digunakan firewall.
dalam IP v4 kalian pasti juga mengenal NAT, NAT digunakan untuk mengubah IP Private yang digunakan oleh komputer host supaya menjadi IP Publik dengan cara "menopengi" atau masquerade dengan IP Publik yang terdapat pada Router. Karena jika sebuah host menggunakan IP Private untuk terhubung ke internet maka akan langsung terblokir

selain itu adanya teknologi wireless juga memudahkan perangkat jaringan yang mensupport teknologi wireless untuk saling terhubung satu sama lain tanpa repot mengulur kabel untuk bisa terhubung.

3. Maksud dan Tujuan
Firewall dan Wireless merupakan salah satu fitur unggulan yang sedang populer dalam jaringan. maka dari itu perangkat yang menggunakan routerOS mikrotik sudah pasti mendukung kedua fitur tersebut.
4. Hasil Yang Diharapkan
Mengetahui fitur-fitur unggulan yang sudah didukung oleh routerOS

B. Kesimpulan
RouterOS sebagai sistem operasi yang khusus digunakan untuk router dapat dibilang sangat lengkap fitur-fiturnya dan keunggulan dari routerOS ini sendiri mudah dalam konfigurasinya juga dapat berjalan dalam resource yang kecil
G. Referensi
mikrotik.com
MTCNA BLC Telkom Klaten

Share with your friends

1 comment

  1. What is a free bonus and how does it work - Drm CD
    Welcome bonus. Free bets will be given to new 화성 출장안마 customers only. If a new player registers an 김해 출장샵 account 광주 출장안마 with 포항 출장샵 them and has 안성 출장샵 deposited

    ReplyDelete

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done