Pengenalan dan Fungsi Osi Layers - BaniLinux
News Update
Loading...

Thursday, December 21, 2017

Pengenalan dan Fungsi Osi Layers

Pendahuluan:
Dalam mempelajari jaringan komputer, pasti kita sudah sering melakukan koneksi antara komputer dengan komputer, komputer dengan router, komputer dengan switch, dan beragam lagi jaringan komputer. namun apakah kita mengetahui bagaimana koneksi itu berlangsung? bagaimana cara kerjanya? mari kita simak di artikel berikut.
Pengertian
Osi Layer adalah singkatan dari Open System Inteconnection adalah sebuah model referensi untuk mendefinisikan standar koneksi jaringan komputer.
Latar Belakang :
Zaman dahulu sangat sulit membuat koneksi jaringan komputer, karena berbagai vendor memiliki standar dan protokol masing-masing yang berbeda-beda sehingga menyulitkan pengguna ketika melakukan pertukaran data melalui jaringan karena protokolnya berbeda-beda.
dalam masalah itulah International Organization for Standardization (ISO) membuat sebuah model referensi yang disebut OSI yang terdiri dari tujuh layer.

























Penjelasan :
1. Physical Layer
Merupakan layer pertama dalam model OSI  dan merupakan layer terbawah. Bertugas mentransmisikan bit data digital dari layer physical pengirim ke physical layer penerima melalui jaringan.
Pada physical layer data ditransmisikan menggunakan jenis sinyal yang didukung oleh media fisik, seperti : Kabel, tegangan listrik, frekuensi radio, infrared, maupun cahaya biasa
Perangkat yang bekerja :
-Repeater
-Multiplexer
-HUB 
-TDR
-Oscilloscope 
-Amplifier

2. Data Link Layer 
bertugas memeriksa kesalahan yang mungkin terjadi saat proses pengiriman data dan membungkus bit kedalam bentuk data frame. Data Link juga mengelola pengalamatan fisik seperti MAC Address

3. Network Layer
Bertugas menentukan jalur yang akan digunakan untuk transfer data anter paket (Routing)
Perangkat yang bekerja pada layer ini adalah Router

4. Transport LayerTransport layer bertanggung jawab untuk mengirimkan pesan antara dua atau lebih host didalam jaringan. Transport layer juga menangani pemecahan dan penggabungan pesan dan juga mengontrol kehandalan jalur koneksi yang diberikan. Protokol TCP merupakan contoh yang paling sering digunakan pada transport layer.

5. Session
Bertanggung jawab mengendalikan sesi koneksi dialog sepeerti menetapkan, mengelola, dan memutuskan koneksi antar perangkat komputer. untuk dapat membuat sesi komunikasi, layer session menggunakan sirkuit virtual yang dibuat oleh transport layer

6. Presentation layerbertanggung jawab untuk mendefinisikan sintaks yang digunakan host jaringan untuk berkomunikasi. Presentation layer juga melakukan proses enkripsi/ dekripsi informasi atau data sehingga mampu digunakan pada lapisan aplikasi.


7. Aplication LayerMerupakan layer yang menyediakan interface antar protokol jaringan dengan aplikasi yang ada pada komputer. Application layer menyediakan layanan yang dibutuhkan oleh aplikasi pada komputer seperti SMTP, Telnet, dan FTP. Pada bagian inilah aplikasi saling terkait dengan jaringan.
Cara Kerja :
Osi Layers bekerja mulai dari layer aplikasi, yang akan menerima perintah dari pengguna, selanjutnya data yang akan dikirim akan diubah kedalam format jaringan, lalu pada session layer akan dibuat sesi perjalanan dari mulai dibentuk hingga proses pengiriman selesai.
Pada dasarnya OSI Layer bekerja seperti berikut :
Proses pengiriman data:
Aplication -> Presentation -> Session -> Transport -> Network -> Data Link -> Physical
Proses penerimaan data :
Physical -> Data Link -> Network -> Tranport -> Session -> Presentation -> Application


Referensi :
http://www.nesabamedia.com
http://ghamafallent.blogspot.co.id

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done